Pages

Monday, March 21, 2011

Instalasi Windows XP dari Flashdisk




 By Zuardin Sopyanto


Kehadiran Netbook sangat membantu bagi pengguna yang memiliki tingkat mobilitas tinggi dengan segala kemudahan yang diberikan diantaranya dari ukuran yang mini sampai dengan daya tahan baterai yang tentu lebih tahan lama bila dibandingkan dengan Notebook. Namun dari ukuran yang serba mini tersebut tentu ada yang dikorbankan diantaranya tidak tersedianya drive CD/DVD Rom yang mana sangat dibutuhkan untuk menginstal ulang system, entah itu terkena virus, BSOD (Blue Screen Of Death) sampai dengan file system yang corroupt. Ada dua opsi untuk mengatasinya pertama membeli drive CD/DVD eksternal dan kedua menginstal ulang melalui media flashdisk, disini akan dibahas opsi kedua yaitu menginstal ulang melalui media flashdisk. Bagi pengguna linux sangat mudah membuat flashdisk bootable dikarenakan ketersediaan aplikasi yang cukup banyak dan tentunya opensource diantaranya Universal USB Installer atau dengan membuat flashdisk bootable langsung dari cd/dvd installernya karena kebanyakan cd/dvd installer linux sudah terintegrasi langsung pilihan membuat flashdisk bootable. Bagaimana dengan pengguna windows? Dari pengalaman penulis untuk membuat flashdisk bootable sebagai media installer pengganti cd/dvd untuk kalangan pengguna windows dibutuhkan aplikasi seperti Flasboot atau usbprep8 tapi penggunaan kedua aplikasi tersebut menurut penulis agak rumit dan kadang gagal pada saat instal windows. Dari hasil googling penulis menemukan aplikasi yang lumayan mudah untuk dioperasikan yaitu WinSetupFromUSB 0.2.3 dengan proses instalasi yang boleh dibilang cepat bila dibandingkan denganmenggunakan media cd/dvd. Berikut Langkah-langkah pembuatan flashdisk bootable dengan sistem operasi windows xp :

Adapun yang perlu disiapkan adalah :
1.       CD installer windows xp.
2.       Flashdisk dengan kapasitas minimal 1 Gb

Langkah-langkahnya :
1.    Copy semua file dari cd installer windows xp ke hardisk komputer dalam sebuah folder.










2.    Setelah proses copy selesai, colokkan flashdisk ke komputer.
Buka aplikasi WinSetupFromUSB 0.2.3, maka akan muncul tampilan berikut :










3.    Hal pertama yang dilakukan adalah mengformat flashdisk, klik tombol RMPrepUSB sehingga akan muncul tampilan berikut dan pada opsi FILESYSTEM and OVERRIDES  pilih NTFS dan centang Boot as HDD (2PTNS) setelah itu pada opsi BOOT OPTIONS pilih XP bootable (NTLDR) seperti gambar dibawah ini :



4.    Setelah itu klik tombol Prepare Drive, bila muncul konfirmasi pilih OK seperti gambar dibawah ini :

5.    Kotak konfirmasi akan muncul lagi, pilih OK seperti gambar dibawah ini :


 

6.    Tunggu sampai proses selesai, bila sudah tutup jendela RMPREPUSB

7.    Langkah berikutnya adalah menentukan dimana folder tempat di copynya file installer windows yang sudah di copy sebelumnya, klik tombol browse paling atas dan pilih folder installer windows.

8.    Setelah itu klik tombok GO, maka proses pengkopian file installer ke flashdisk segera berlangsung tunggu sampai selesai.

9.    Bila proses telah selesai akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini :
Klik OK dan flashdisk telah siap digunakan sebagai media instalasi pengganti cd/dvd.






10.     Restart komputer dan ubah dulu settingan Boot BIOS, ubah agar flashdisk di boot pertama kali.






11.      Pada saat booting pertama kali akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini, tekan enter.

12.     Berikutnya akan ada dua pilihan yaitu “First part windows XP Proffesiona setup” dan “Second part of Windows XP Proffesional setup”. Pilih opsi pertama yaitu “First part windows XP Proffesiona setup”.


  
13.     Maka proses pengumpulan informasi system akan dimulai, tunggu sampai selesai.

14.      Setelah proses pengumpulan informasi system selesai akan muncul jendela Welcome to Setup, Tekan enter.



 15.      Selanjutnya tekan F8 bila muncul seperti gambar dibawa ini :

16.     Pilih partisi hardisk yang akan diinstal, biasanya partisi C: seperti gambar dibawah ini :

 17. Proses berikutnya adalah memformat partisi hardisk, pilih opsi paling atas “Format the partition using NTFS file system (quick)”

18.     Oke sekarang proses penginstalan akan berlangsung, biarkan proses instalasi sampai selesai. Komputer akan otomatis merestart untuk memulai proses penginstalan kedua dan otomatis akan memilih opsi kedua yaitu “Second part of Windows XP Proffesional setup”, tunggu sampai selesai. Semoga bermanfaat.
 Download : Tutorial in Pdf











2 comments

Anonymous

:21

Anonymous

:30

Post a Comment