Pages

Tuesday, March 22, 2011

Multi Operating System dalam Satu PC



Sering mencoba software-software baru atau ingin memiliki sistem operasi lebih dari satu dalam satu pc tetapi khawatir performa windows anda semakin menurun karena sering instal dan uninstal program? Tidak perlu khawatir coba dengan aplikasi virtual seperti Oracle VM VirtualBox. Tidak seperti aplikasi virtual lainnya macam Virtual PC keluaran Microsoft, VirtualBox mempunyai fitur yang lebih diantaranya dapat terintegrasi langsung ke flashdisk yang mana virtual pc tidak mempunyai fitur tersebut dan VirtualBox tetap terupdate perkembangannya, jadi anda dapat menjalankan/instal aplikasi windows di Linux ataupun sebaliknya. Berikut http://tipstrikndownload.blogspot.com memberikan panduannya :

Download VirtualBox di http://www.virtualbox.org/ dan instal seperti biasa setelah itu jalankan, berikut tampilan VirtualBox :

 Klik tombol Baru atau CTRL+N untuk mulai membuat system virtual, maka akan muncul kotak dialog berikut dan klik tombol Next :

 
          Pada bagian nama isikan nama virtualbox sesuai keinginan dan pada pilihan Operating System pilih jenis OS yang akan diinstal disini saya memilih Microsoft Windows serta pada bagian Version pilih jenis windows yang akan diinstal disini saya pilih Windows XP. Bila sudah selesai klik tombol Next.

            Pada bagian berikutnya adalah pengaturan alokasi memori untuk system virtual yang akan dibuat, VirtualBox akan otomatis menyesuaikan tingkat kebutuhan memori sesuai dengan jenis OS yang dipilih atau anda dapat menyesuaikannya lagi sesuai kebutuhan asalkan jangan sampai melampaui besarnya memori yang anda miliki karena akan berakibat lambatnya proses load pada windows utama, jadi saya sarankan ikuti saja pengaturan default dari VirtualBox, klik Next untuk melanjutkan.
       Berikutnya adalah proses pembuatan hardisk virtual, disini VrtualBox juga akan otomatis menyesuaikan kebutuhan ruang hardisk dengan jenis OS yang telah kita pilih tadi, sama halnya dengan pengaturan memori, pengaturan hardisk juga dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan kita. 
 
             Proses berikutnya adalah pembuatan hardisk virtual,akan nampak seperti gambar dibawah ini klik tombol next untuk melanjutkan :
       Pada bagian Hardisk Storage Type pilih opsi “Dinamically expanding storage” klik Next untuk melanjutkan
 
      Selanjutnya di bagian Lokasi dan Ukuran Disk Virtual, pada opsi Size VirtualBox akan otomatis menyesuaikan tingkat kebutuhan OS yang dipilih, anda dapat mengubanya bila perlu. Klik tombol Next untuk melanjutkan.
Proses pembuatan hardisk selesai, klik Finish untuk melanjutkan

        Oke pada tahap ini kita berhasil membuat system virtual yang siap untuk diinstal, klik Finish untuk melanjutkan
 
         Tahap berikunya adalah pengaturan lokasi tempat cd/dvd installer windows anda, saya sarankan agar mengcopy terlebih dahulu file installer windows tersebut kedalam komputer dalam bentuk file .ISO agar proses penginstalan lebih cepat. Klik setting maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, lalu pilih opsi “Storage” dan klik icon Empty
          Setelah itu klik icon bergambar cd di samping kanan akan muncul opsi untuk menentukan dimana lokasi file atau cd/dvd installer windows anda, disini saya pilih Choose a virtual CD/DVD disk file yang sudah saya copy sebelumnya ke komputer dalam fomat .ISO
      Setelah selesai klik tombol Ok maka system virtual box telah siap untuk diinstal. Klik tombol Mulai untuk memulai proses penginstalan

        Maka proses penginstalan akan dimulai seperti biasa, tunggu sampai selesai.

       Berikut tampilan windows di dalam windows :
 
          Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menginstal VirtualBox Guest Addition, gunanya agar flashdisk yang kita colokkan pada windows utama terdeteksi juga oleh windows virtual dan kursor mouse dapat langsung terintegrasi dengan windows utama sehingga memudahkan kita berpindah antar windows. Klik “Device” pilih opsi yang paling bawah yaitu Install Guest Additions. Proses akan penginstalan akan otomatis berlangsung apabila tidak otomatis buka My Computer pada Windows Virtual, dibagian “Devices with Removable Storage” pilih “VirtualBox Guest Addition” klik kanan dan pilih Open.
           Pilih dan klik dua kali file “VboxWindows Addition” dan instal seperti biasa, setelah selesai system akan meminta untuk di restart. Restart windows virtual dengan memilih opsi Finish.
 
          Proses selesai sekarang flashdisk anda dapat terdeteksi juga pada windows virtual dengan cara klik opsi Device pada panel bagian atas lalu pilih opsi Device USB maka akan terlihat nama flashdisk yang terdeteksi di komputer anda
 
             Lalu bagaimana cara berbagi data dengan windows utama ke windows virtual? Pilih Device dan klik opsi Folder yang di share.
       Maka akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini, klik icon plus di ujung paling kanan :
 
          Pada kotak dialog berikutnya centang opsi “Auto-mount” dan “Jadikan Permanen” lalu klik tanda panah dibagian atas pada opsi “Folder Path”. Tentukan folder yang akan dishare pada windows utama dengan memilih opsi “Other” 

 
    Disini saya memilih folder MASTER untuk dishare ke windows virtual, klik Ok untuk melanjutkan.

 
       Buka My Computer pada windows virtual, klik Menu Tools dan pilih opsi “Map Network Drive”
      Klik tombol browse pada kotak dialog “Map Network Drive”, pada kotak dialog berikutnya pilih “VirtualBox Shared Foders” klik tanda panah disamping kiri maka akan muncul folder MASTER yang telah kita sharing tadi,klik Ok untuk melanjutkan. Dan klik tombol Finish untuk menutup Kotak Dialog Map Network Drive
       Maka akan terlihat di My Computer atau Windows Explorer Folder Master yang telah dishare sebelumnya
 
Terima kasih semoga bermanfaat.


Other Side :
Berikut tampilan OS Windows 7 yang diinstal kedalam VirtualBox. (terlihat disitu telah diinstal berbagai macam OS dari Windows, Linux, Solaris, Android, hingga MacOS. Tergantung dari Spesifikasi komputer anda).


Download Tutorial in PDF

2 comments

lahum_hacking January 10, 2012 at 5:06 AM

mantap nih gan.... tapi sayangnya HD ane free space nya tingal 5 GB :23

Deny Rudiansah February 21, 2012 at 1:53 AM

akhirnya bisa jg, mkasih kaka ilmunya.......

Post a Comment