Pages

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, July 20, 2011

Membuat Hardisk Kloning dengan HD Clone Professional v.3.9.4

Setiap kali komputer crash entah itu terkena virus, file system corupt, atau lainnya yang menyebabkan windows tidak dapat berjalan normal, biasanya kita akan langsung menginstal ulang. Tapi berapa waktu yang terbuang dengan percuma untuk berkali-kali menginstal ulang system operasi anda. Untuk mengatasinya adalah dengan jalan mengkloning hardisk anda sehingga bila system crash atau error dapat di restore kembali hanya dalam hitungan menit komputer siap digunakan seperti sedia kala. Dari pengalaman penulis banyak beredar software-software untuk kloning hardisk, awalnya penulis menggunakan norton ghost 2003 dan norton ghost versi DOS tetapi norton ghost sering error pada saat akan mengkloning hardisk dengan tipe SATA dan ukuran installernya cukup besar untuk norton ghost 2003 walaupun vesi DOS tersedia dengan ukuran yang lebih kecil. Dari hasil gogling penulis menemukan software kloning bernama HD Clone, peggunaannya cukup simpel, dapat dijalankan dari windows langsung atau dari Disket/Flashdisk/CD dan dengan ukuran yang kecil serta proses kloning yang lumayan cepat bila di bandingkan dengan norton ghost. Berikut langkah-langkah penggunaannya :









Pilih opsi “Start HD Clone”, terdapat tiga pilihan yaitu :
Drive                     : kloning seluruh hardisk
Partition               : kloning partisi saja
Image                   : digunakan untuk restore file hasil kloning ke hardisk.

Pilih opsi Partition di sebelah kiri [biasanya kloning dilakukan hanya pada partisi yang berisi file system yaitu di partisi C:\ atau sesuaikan dengan kebutuhan] dan klik opsi Image di sebelah kanan, setelah itu klik Next tunggu proses hingga selesai seperti gambar di bawah ini :

















































Pada jendela berikutnya akan muncul list hardisk yang terpasang pada komputer, sebagai contoh disini saya akan mengkloning partisi D:\, pilih partisi D:\ dan klik next untuk melanjutkan.
















Pilih tempat penyimpanan hasil kloning dan berikan namanya, pada gambar saya pilih drive C:\ sebagai tempat penyimpanan hasil kloning dengan nama backup, klik next untuk melanjutkan seperti gambar di bawah ini :


















Proses selanjutnya beri tanda centang pada opsi “Compression” di sebelah kiri bawah untuk mengecilkan ukuran kloning dan klik next seperti gambar di bawah ini :


















Klik tombol “Start” untuk memulai proses kloning tunggu hingga selesai




















Proses selesai bila muncul jendela Final Report, klik Quit HD Clone untuk mengakhiri proses.




















Download : HD Clone (versi instaler)
Download : HD Clone (versi portable)

1 comments

belajarcssitumudah May 29, 2013 at 7:18 PM

nice info

Post a Comment